1. DEFINISI BISNIS, TIK DAN BISNIS
INFORMATIKA
A.
Pengertian Bisnis
Secara umum, pengertian bisnis (business), tidak terlepas
dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan
jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit,
pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi
yang menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat lain
mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan
manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis (businessman) akan selalu
melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya
secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya. Dari
kepuasan masyarakat itulah businessman
atau para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian
keuntungan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi
lebih luas.
Pengertian bisnis diatas sesuai
dengan pendapat Jeff Madura yang mengatakan bahwa pengertian
bisnis sebagai berikut” A
business is an enterprise that provides products or services desired by
customers” definisi tersebut menggambarkan bahwa bisnis didirikan
untuk memenuhi kebutuhan konsumen berupa barang atau jasa. Jika bisnis tersebut
dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik memperoleh tingkat
pengembalian yang wajar atas investasi mereka diperusahaan.
B. Pengertian Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua
teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi
pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan
komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti
sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat,
mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan
prinsip dan proses penemuan saintifik.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan
komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi
dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain
sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
C.
Pengertian Bisnis Informatika
Bisnis Informatika memiliki
pengertian suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang
memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang
dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Bisnis informatika berkembang
dengan pesat akhir - akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula
teknologi informasi karena bisnis informatika muncul karena adanya peluang yang
terdapat di dalam suatu teknologi informasi.
Itulah pengertian dari bisnis
infromatika setelah kita mengetahui apa itu bisnis infromatika hal yang perlu
kita garis bawahi dari pengertian di atas adalah bahwa suatu kegiataan yang
memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan dilakukan dengan
bantuan teknologi informatika memiliki kaitan dengan bisnis informatika, apapun
bidangnya selama kita melakukan dengan bantuan teknologi itu termasuk ke dalam
bisnis infromatika.
Contohnya: segala kegiataan
transaksi jual beli online saat ini. transaksi seperti ini sangat memudahkan
para penjual ataupun pembeli tanpa ada batasan jarak dan waktu cukup dengan
modal computer,tablet ataupun smartphone penjual dan pembeli dapat melakukan
proses transaksi dimanapun dan kapanpun.
Transaksi seperti ini sangat erat kaitannya dengan
bisnis informatika. Dalam hakikatnya peranan teknologi informatika banyak
mencakup beberapa bidang salah satunya pada bidang bisnis. Pada bidang ini
biasanya peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan
transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak
informasi dengan cepat dan tepat.
2. ANALISIS E-COMMERCE TOKOPEDIA
Tokopedia.com adalah salah satu website
E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT.
Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer
dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari
seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang
baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di
Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).
v Fitur Tokopedia
- JNE Online Booking (JOB)
Untuk semakin memudahkan proses
pengiriman, Tokopedia mendukung sistem resi otomatis untuk pengiriman
menggunakan JNE. Dengan fitur ini, penjual tidak perlu lagi repot untuk
memasukkan nomor resi secara manual. Saat mengirimkan pesanan, penjual hanya
perlu membawa kode booking yang diterima saat pesanan masuk, dan nomor resi
otomatis akan masuk ke akun penjual maupun pembeli.
- User Management/Pengaturan Admin
User Management atau Pengaturan
Admin merupakan fitur berbayar yang disediakan oleh Tokopedia bagi Anda yang
memiliki toko dengan penjualan yang tinggi dan sering kewalahan mengelola toko
sendiri. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menambahkan beberapa orang
(maksimal 10 orang) sebagai admin toko Anda.
- Tokopedia TopAds
TopAds adalah fitur yang ditawarkan
oleh Tokopedia untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko Anda, serta
memungkinkan toko dan produk yang Anda jual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih
banyak pembeli di Tokopedia.
- Pusat resolusi tokopedia
Pusat Resolusi adalah fitur yang
disediakan oleh Tokopedia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi
antara pembeli dan penjual. Tokopedia menjamin keamanan transaksi Anda dengan
menahan dana pembayaran agar tidak langsung diteruskan ke penjual hingga
masalah selesai. Jika terjadi masalah dengan pesanan, pembeli bisa membuka
Komplain melalui Pusat Resolusi dengan menjelaskan pokok masalah dan menawarkan
solusi awal pemecahan masalah (pengembalian dana sebagian, tukar barang dan
sebagainya). Penjual yang aktif akan segera merespon komplain Anda. Namun jika
masih belum menemui solusi yang tepat, Anda bisa meminta bantuan kepada
Tokopedia dengan mengklik tombol "Bantuan" setelah 5 hari berdiskusi
dengan penjual.
- Gold Merchant
Fitur tambahan berbayar yang kami
sediakan untuk para penjual dan dapat memberikan kemudahan bagi penjual dalam
mengelola toko onlinenya. Fasilitas tambahan yang tersedia jika berlangganan
Gold Merchant ini antara lain: informasi toko fisik pada katalog, perhitungan
kurs dollar, penambahan admin untuk membantu mengelola toko, shop notes di halaman
produk dan halaman depan toko yang memudahkan pembeli mendapatkan informasi
tentang toko maupun produk Anda, serta tersedia pengurutan produk berdasarkan
"Gold Merchant".
v Proses Bisnis Tokopedia
v Teknik Marketing Tokopedia
- Pembakuan Format URL / Domain
Contoh nya seperti : http://namatoko.tokopedia.com,
yang menurun juga ke tautan produk-produknya menjadi http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product.
Dengan pembakuan format domain / url selain brand tokopedia yang dapat terlihat
tapi juga brand penjual juga dapat terlihat.
- Direktori Toko
Untuk memicu pertumbuhan toko-toko,
Tokopedia menerapkan directory toko yang diurutkan berdasarkan volume
penjualan. Selain itu diperkenalkan juga featured shop yang akan mendapat spot
khusus di halaman depan maupun directory, tapi sayangnya tidak (belum?) ada
ketentuan baku mengenai pemilihan featured shop ini. Kemudian Tokopedia juga
mengklaim telah mengembangkan SEO mereka sehingga diharapkan halaman-halaman
toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian lewat mesin
pencari.
- Promosi
Penjual bisa melakukan promosi
barang-barang secara bergantian untuk dipajang di halaman 1 Tokopedia. Caranya
penjual bisa melakukan Klik tombol Dink It, yang disediakan. Barang yang
di-Dink it, akan ditampilkan di halaman 1, selama satu jam. Penjual hanya bisa
melakukan Dink it ini untuk satu jenis barang. Proses Dink it bisa dilakukan
lagi oleh penjual yang sama setelah 2 jam kemudian. Bisa dengan barang yang
sama atau barang yang lain.
- Meberikan Rating / Bintang Pada Penjual
Para customer diminta untuk membuat
sebuah review atau testimonial jika mereka merasa puas sehingga dapat
memberikan rating yang bagus pada penjual
Karena Tokopedia tidak berjualan
langsung, reputasi penjual akan tergantung sekali terhadap setiap pembeli yang
melakukan transaksi di Tokopedia. Oleh karenanya luangkanlah waktu Anda untuk
menulis review singkat untuk setiap transaksi yang telah berhasil, sehingga
Anda bisa membantu Tokopedia menyediakan iklim transaksi yang lebih nyaman.
Jika memiliki bintang/rating dalam
jumlah tertentu penjual bisa dijadikan sebagai Featured Shop / recomended
seller , sehingga penjual bisa mengikuti event-enent bazar yang digelar
Tokopedia secara berkala. Namanya bazar maka barang yang diikutkan dalam bazar
tersebut harganya harus didiskon. Barang yang diikutkan dalam bazar akan
dipajang di halaman 1 Tokopedia.
- One Click Sharing Untuk Semua Sosmed
Produk-produk yang dipajang di
Tokopedia, bisa langsung ditautkan ke wall Facebook dan Twitter penjual.
Caranya sangat gampang. Tinggal Klik logo Facebook dan Twitter lalu isi
sandi masuk dan ijinkan Tokopedia bertaut dengan Facebook atau Twitter, maka
secara otomatis produk akan diupload di dinding akun penjual.
v Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia
·
Kelebihan
Tokopedia :
ü Kelebihan pertama yang dimiliki tokopedia adalah
penampilannya yang ringan dan segar.
ü Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak
berbayar.
ü Loading site terhitung ringan, khususnya pada
halaman-halaman toko dan produk.
ü Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi,
serta adanya fitur harga grosir.
ü Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import,
karena proses ini biasanya akan memakan waktu yang lebih lama.
ü Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer,
seperti total harga produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga
jasa ekspedisi yang tersedia.
ü Transfer dana yang relatif cepat dengan rata-rata 2 hinggga
3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
ü Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
ü Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi
yang bermanfaat untuk penjualan dan optimasi toko online milik kita.
·
Kekurangan
Tokopedia :
ü Website dan aplikasi
Tokopedia kerap mengalami error.
ü Terlalu sering
maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
ü Error pasca
maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang
bermacam-macam.
ü Tidak adanya fitur
blacklist untuk buyer atau pembeli.
ü Sering terjadi perang
harga, membanderol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah.
Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan
kisaran harga yang relatif tinggi.
ü Peluang barang lebih
banyak laku pada member Gold Merchant masih tidak optimal. Hanya memberikan
kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
ü Fitur pengelola stok
barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah
menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang.
ü Tidak memiliki fitur
diskon yang berbatas waktu.
3.
PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI
INDONESIA DAN DUNIA
Perkembangan bisnis TI tak hanya di
negar lain, di Indonesia pun cukup drastis, hal ini didukung dengan
naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini
hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia
teknologi informasi. Perkembangan ini dapat dilihat dari
berbagai aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam bidang informatika ini
memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak
orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware,
software dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli online.
Sekarang ini banyak perusahaan-
perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju
(toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini
terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang
dan waktu.
Oleh karena itu, kualitas sumber daya
dan fasilitas dalam bidang TIK harus selalu di tingkatkan untuk mendukung
kegiatan bisnis yang semakin maju dan mungkin akan semakin bertambah
peminatnya. Dan kita harus memperbesar porsi lokal dalam dunia bisnis teknologi
informatika di Indonesia.
Perkembangan teknologi informasi dan
komputer menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari yang disebut
dengan “information age”. Media elektronik menjadi
salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun
penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis
menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik
ini.
Seperti yang kita tahu permasalahan di
dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh
karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan
sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya
permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala
bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis
informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software
house, hosting, dll.
Daftar
Pustaka:
Komentar
Posting Komentar